0896-3305-7580 Jual Nasi Tumpeng Bogor, komplit mini murah


Jual Nasi Tumpeng di Bogor

Jual nasi tumpeng bogor


Jual Nasi Tumpeng Bogor - Dalam adat budaya masyarakat Jawa, Madura dan Bali, makanan nasi berbentuk kerucut beserta juga  lauk pauknya biasa disebut “nasi tumpeng” sudah menjadi hal yang wajar.  Makanan olahan nasi ini biasanya banyak disajikan pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun, pesta, syukuran, pengajian, lomba agustusan dan lain-lain. Terkadang nasi yang dibuat menjadi tumpeng adalah nasi liwet, nasi uduk, nasi putih atau nasi kuning. Pada umumnya nasi tumpeng biasanya sering disajikan di atas tampah atau nampan (wadah bundar dari anyaman bambu) dan dilapisi daun pisang serta diberikan hiasan agar lebih menarik perhatian. sponsored by: Bogor Jasa Catering.

1.    Sejarah Nasi Tumpeng ( kuning, ulang tahun, anak, istimewa, enak )


Lazimnya, nasi tumpeng biasanya sering disajikan pada acara sacral atau perayaan penting. Nasi  tumpeng erat sekali kaitannya dengan keadaan alam Indonesia dengan dipenuhi oleh jajaran gugusan gunung berapi. Berdasarkan sejarah asalnya, tujuan pembuatan nasi tumpeng yaitu  untuk memuliakan gunung-gunung sebagai tempat bersemayamnya para arwah leluhur. Kepercayaan ini mulai bergeser saat masyarakat sedikit dipengaruhi budaya Hindu. Nasi tumpeng bagian atas dibuatkan bentuk kerucut untuk menyerupai bentuk gunung suci Mahameru (Gunung Semeru), yang merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewi. Namun pada saat Islam mulai masuk ke nusantara, budaya khas nasi tumpeng ini lalu diadopsi dan dihubungkan dengan filosofi Islam Jawa.

Jual nasi tumpeng bogor

Foto: Nasi Tumpeng Karakter di Bogor

Tumpeng merupakan akronim pada kamus bahasa Jawa, yaitu yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus sungguh-sungguh).  Ada satu jenis makanan lain yaitu “Buceng”, dengan makna yang mirip dengan tumpeng. Buceng yang terbuat dari ketan juga merupakan akronim bahasa jawa dari yen mlebu kudu sing kenceng (bila masuk harus sungguh-sungguh).

Baca juga: "Paket Catering Murah di Bogor"

 Pada penyajiannya, nasi tumpeng dilengkapi dengan lauk-pauk yang berjumlah 7 macam, hal ini dalam bahasa Jawa berarti pitu. Angka tujuh atau pitu ini memiliki arti pitulungan (pertolongan). BiIa pada jaman dahulu nasi tumpeng melambangkan perwujudan rasa terimakasih kepada Yang Maha Kuasa, maka saat ini nasi tumpeng telah beralih fungsi menjadi simbolik acara ulang tahun dalam perayaan pesta. Pada budaya Jawa, nasi tumpeng mempunyai berbagai jenis nama, seperti tumpeng megono, sangga langit, Arga Dumilah,  Robyong dan lainnya.

Jual nasi tumpeng bogor

 Foto:Nasi Tumpeng Hias Murah di Bogor

 2.    Filosofi Pelengkap Nasi Tumpeng ( hias, komplit, tradisional, modern )


Dalam Penyajian nasi tumpeng beserta lauk pauk pelengkapnya mempunyai filosofi dan makna tertentu. Pada zaman dahulu, nasi putih adalah bahan dasar untuk nasi tumpeng. Walaupun  pada saat ini tumpeng telah memiliki variasi tertentu. Bentuk kerucut pada Nasi putih melambangkan sesuatu yang akan kita makan seharusnya berasal dari sumber yang halal dan bersih. Sedangkan bentuk kerucut pada nasi  tumpeng dapat diartikan seperti harapan untuk hidup selalu sejahtera.

Lauk terpenting yang selalu ada pada pelengkap nasi tumpeng adalah ayam. Lazimnya dipilih ayam jantan yang dimasak secara utuh dengan bumbu kuning dicampur santan kental. Pemilihan ayam jago bisa  memiliki makna untuk menghindari sifat-sifat buruk dari ayam jago, seperti: sombong, congkak, bila berbicara selalu menyela dan merasa dirinya benar sendiri (berkokok), tak pernah setia dan tidak perhatian kepada keluarga.

Jual nasi tumpeng bogor

 Contoh: Nasi Tumpeng Barbie di Bogor

 Selain itu, nasi tumpeng biasanya juga dilengkapi dengan ikan lele. Walau saat ini orang lebih suka memilih jenis ikan lain sebagai pengganti ikan lele. Ikan menjadi simbol dari sifat ketabahan, keuletan di dalam hidup juga sanggup bertahan hidup dalam kondisi ekonomi yang paling sulit bawah sekalipun.

Baca juga: Menu Catering Harian Bogor

Lauk lain yang biasa disajikan yaitu ikan teri. Ikan teri biasanya digoreng dengan tepung atau digoreng tanpa tepung. Ikan teri selalu hidup berkelompok yang menunjukkan contoh filosofi kebersamaan dan kerukunan. 

Telur rebus utuh juga sering terlihat sebagai pelengkap nasi tumpeng, telur rebus ini melambangkan jika seluruh tindakan harus direncanakan, dikerjakan dan dievaluasi hasilnya untuk mencapai kesempurnaan. Telur juga menjadi lambing makna bila manusia diciptakan dengan derajat yang sama. Yang membedakan ialah ketakwaan dan perilakunya.

Jual nasi tumpeng bogor

 contoh: Jual Nasi Tumpeng Mini di Bogor


Pelengkap lainnya yang tak tertinggal adalah sayur urab. Sayur urab didalamnya terdapat bayam, taoge,  kacang panjang, kangkung, kluwih dengan tambaha parutan kelapa dan bumbu.  Seperti halnya pelengkap lainnya, sayur urab pun mempunyai makna tersendiri.

Gimana sudah tahu asal muasal juga makna dari Nasi Tumpeng?
Aneh rasanya kalau sudah tahu tapi kamu masih belum mencoba nasi tumpeng itu. Nah untuk kamu yang ada keinginan untuk pesa nasi tumpeng di Bogor, silahkan langsung hubungi Bogor Jasa Catering dengan kontak di bawah ini ya. Bogor Jasa Catering menyediakan nasi tumpeng kuning, mini, ulang tahun, hias, karakter, komplit, ultah anak, tradisional, box, istimewa, modern, online, enak dan murah di kota Bogor. Juga bisa dibuatkan komplit untuk 10, 20, 30 bahkan 50 orang sesuai dengan pesanan. Pesan Nasi Tumpeng Bogor :

Menu lain :
1. Paket Nasi Box Bogor
2. Menu Nasi Kotak Bogor

Jual nasi tumpeng bogor

Kami pun bekerja sama dengan GO-SEND/GRAB FOOD untuk delivery service jual nasi tumpeng Bogor ke daerah Bogor Utara, Bogor Selatan, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Timur, Sentul, Babakan Madang, Ciawi, Cibinong, Tajur, Baranangsiang, Bogorbaru, Jambu Dua, Pajajaran, Citeureup, Cilodong, Gunung Putri, Kedung halang, Pomad, Cimahpar, Batutulis, Cibubur, Depok, Cisalak, Yasmin, Cilendek dan sekitarnya.